ANIES BASWEDAN: PEMOTONGAN HEWAN KURBAN IKUTI SYARIAT ISLAM DAN PROTOKOL KESEHATAN
0 Komentar 1748 pembaca

ANIES BASWEDAN: PEMOTONGAN HEWAN KURBAN IKUTI SYARIAT ISLAM DAN PROTOKOL KESEHATAN

Jakarta

Jakarta, MajalahPerwira- Pengalaman Kota Jakarta merayakan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena itu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau kepada semua pihak agar pemotongan hewan kurban bukan saja mengikuti syariat Islam, tapi juga mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Pertama, pemotongan hewan kurban hanya dihadiri oleh panitia kurban yang dibatasi jumlahnya. Sebisa mungkin jangan sampai ada kerumunan apalagi padat dan tidak ada jarak. Jadi, harus ada jarak, harus kurangi jumlah orang yang berada di lokasi," ujar Anies lewat video yang dilihat pada Kamis (30/7/2020).

Yang kedua, sambungnya, masyarakat yang tahun ini membeli hewan kurban supaya tidak menghadiri langsung ke lokasi pemotongan.

"Kita percayakan kepada panitia untuk melakukan pemotongan hewan kurban sampai pendistribusian hewan kurbannya atau daging kurbannya. Insya Allah mereka bisa amanah," imbuhnya.

Yang ketiga, lanjut Anies, jaga kelompok masyarakat yang beresiko tinggi kalau tertular. Misalnya, anak-anak, orang tua atau mereka yang punya penyakit bawaan.

"Mari saling ingatkan, semoga tidak meluaskan wabah dan tidak membuat orang-orang beresiko terpapar," kata Anies.

Yang keempat, secara khusus Anies minta kepada panitia penyelenggara Idul Adha agar daging kurban dapat didistribusikan secara langsung kepada para mustahik.

"Sejak tahun lalu, kami di Pemprov DKI Jakarta juga turut mengolah daging kurban tersebut menjadi makanan siap saji supaya lebih awet dan ketika mereka menerima bisa langsung dikonsumsi. Sehingga mereka tidak perlu memasak dan mengeluarkan biaya tambahan," paparnya.

Anies berharap, dengan menaati seluruh prinsip-prinsip syariat Islam proses pemotongan hewan kurban dan menaati prinsip protokol kesehatan di dalam penyelenggaraannya.

"Maka Insya Allah Hari Raya Idul Adha tahun ini membawa keberkahan pada semua. Memberikan rasa aman dan ikut mengendalikan penularan Covid-19. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha," pungkasnya. MP-AZA

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top