KOMISI I DPR RI DESAK PEMERINTAH TAMBAH ANGGARAN PEMELIHARAAN ALUTSISTA
0 Komentar 1656 pembaca
Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha

KOMISI I DPR RI DESAK PEMERINTAH TAMBAH ANGGARAN PEMELIHARAAN ALUTSISTA

Keamanan

Jakarta, MajalahPerwira - Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha menilai peristiwa jatuhnya pesawat jet tempur BAe Hawk 209 milik TNI AU pada Senin (15/6/2020) kemarin, di mana waktunya cukup berdekatan dengan jatuhnya helikopter MI-17 milik TNI AD, Sabtu (6/6/2020) menunjukkan ada masalah pada perawatan alutsista TNI yang harus menjadi perhatian serius Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Perawatan sangat penting mengingat alutsista kita saat ini banyak yang bermasalah diantaranya karena banyak alutsista yang sudah berumur dan minimnya suku cadang," kata Tamliha kepada para wartawan, Selasa (16/6/2020).

Tamliha mengatakan, tentunya kita semua tidak ingin peristiwa jatuhnya pesawat atau helikopter kembali terjadi, karena tidak hanya menimbulkan kerugian materiil, namun juga meninggalnya para perwira TNI yang terlatih.

"Sehingga pesawat dan helikopter atau kendaraan militer lainnya yang digunakan harus dipastikan benar-benar mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya," pintanya.

Saat ini, lanjut Tamliha, di semua matra TNI, masalah perawatan alutsista menjadi hal serius.

"Karena keterbatasan perawatan membuat banyak alutsista yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kemampuan tempurnya berkurang yang juga berimbas pada kerawanan atas keselamatan anggota TNI yang menggunakannya," jelas politisi PPP tersebut.

Tamliha berpendapat, salah satu kendala klasik pada perawatan dan pengadaan alutsista adalah keterbatasan anggaran pertahanan yang masih yaitu sebesar Rp131 triliun atau masih di bawah 1% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Padahal idealnya anggaran pertahanan tidak kurang dari 1,5% dari PDB," ungkap legislator asal Dapil Kalsel 1 tersebut.

Tamliha sendiri mengaku, dirinya melihat Kemenhan sudah berusaha memaksimalkan anggaran yang sudah ada.

"Di antaranya dengan menekan adanya mafia perdagangan alutsista, sehingga harga beli bisa lebih murah dibanding sebelumnya," tegasnya.

Lebih lanjut, Tamliha menghimbau Kemenhan untuk membeli suku cadang alutsista yang berkualitas.

"Saya juga meminta kepada Kemenhan untuk memastikan bahwa pembelian alusista dan suku cadangnya benar-benar yang berkualitas, dan sesuai dengan medan tempur dan pertahanan di Indonesia," pungkas anggota Banggar DPR RI ini. MP-RON

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top