KETUA KOMISI II DPR RI TEGASKAN PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020 PADA 9 DESEMBER MENDATANG
0 Komentar 1913 pembaca
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia

KETUA KOMISI II DPR RI TEGASKAN PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020 PADA 9 DESEMBER MENDATANG

Politik

Jakarta, MajalahPerwira - Komisi II DPR RI kembali menggelar rapat kerja (Raker) untuk membahas pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 mendatang, Kamis (11/6/2020).

Pada rapat ini, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya mengundang Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

"Kami waktu itu tanggal 3 Juni memutuskan akan ada rapat sekali lagi. Yang bukan hanya rapat kerja bersama Mendagri dan penyelenggara, tapi juga bersama Menteri Keuangan dan Ketua Gugus Tugas yang kita bicarakan hari ini," ujar Doli, dalam rapat secara virtual, Kamis (11/6/2020).

Doli menegaskan, rapat kali ini akan membahas mengenai tambahan anggaran pelaksanaan pada pilkada serentak karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD Golkar Sumatera Utara itu juga mengatakan, pihaknya mengusulkan agar penyediaan APD dan kebutuhan lain terkait protokol kesehatan dibantu oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sehingga KPU akan fokus mengawal kualitas proses demokrasi.

"Kalau memang 80-90 persen barangnya sama dengan yang dikonsolidasikan dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas, saya kira Gugus Tugas ini bisa membantu, ini toh barangnya sama," katanya.

Doli menyebut, apabila penyediaan APD dan kebutuhan lain diberikan dalam bentuk barang maka akan meminimalisir jumlah anggaran yang akan ditambahkan secara tunai.

"Menurut saya hal itu akan meringankan beban fiskal negara, sementara semua tahapan pilkada tetap tersalurkan.

Selain itu, Doli menyinggung, pihaknya sudah mendapat surat rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terkait penyelenggaraan pilkada.

"Jadi tanggal 27 Mei kami sudah mendapatkan surat dari Gugus Tugas yang menjawab surat KPU dan mereka merekomendasikan pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember.

Doli menambahkan, Gugus Tugas juga meminta supaya seluruh tahapan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan terus berkoordinasi baik di tingkat pusat dan daerah-daerah dengan Gugus Tugas.

"Jadi itu menjadi salah satu pertimbangan kami, tadinya review bahwa memang semua pihak yang terkait ini siap melaksanakan 9 Desember," pungkas legislator asal Dapil Sumut 3 tersebut.

Kesimpulan Raker Komisi II DPR RI Mengenai Pilkada Serentak 2020

1. Dalam rangka menjamin pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19, Komisi II DPR RI bersama Mendagri, Menkeu, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI, dan Kepala BNPB/Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyetujui usulan kebutuhan tambahan anggaran untuk KPU RI sebesar Rp4.768.653.968, Bawaslu sebesar Rp478.923.000, dan DKPP sebesar Rp39.052.469.000 terkait penyelenggaraan tahapan lanjutan Pilkada 2020 yang akan didukung dengan anggaran yang bersumber dari APBN dengan memperhatikan kemampuan APBD masing-masing daerah.

2. Untuk realisasi pemenuhan kebutuhan tambahan anggaran tersebut, Menkeu sudah berkomitmen akan merealisasikan anggaran tahap pertama sebesar Rp1.024.645.673.000 kepada KPU RI dan Bawaslu RI pada bulan Juni 2020. Sedangkan realisasi anggaran di tahap berikutnya akan diputuskan berdasarkan hasil rekonsiliasi kebutuhan riil anggaran antara Kemendagri, Kemenkeu, KPU, Bawaslu, DKPP, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 selambat-lambatnya tanggal 17 Juni 2020. MP-RON

 

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top