MPR DUKUNG PENGADAAN RAPID TEST COVID-19
0 Komentar 1386 pembaca

MPR DUKUNG PENGADAAN RAPID TEST COVID-19

Nasional

Jakarta, MajalahPerwira - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah pemerintah mengenai pengadaan rapid test Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Pemerintah sudah melakukan gerakan rapid test, kemarin Pak Presiden sudah mengarahkannya dan sudah dilakukan di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan akan dilakukan di seluruh daerah terutama sentra-sentra yang diduga menjadi pusat terjangkit wabah ini. Kita percayakan kepada pemerintah saja," katanya.

Namun, Bamsoet mengaku, dirinya belum mengetahui secara pasti kapan rencana pengadaan alat rapid test Covid-19 ini dapat terealisasi.

"Kita tunggu saja, kita sudah menulis surat dan tinggal menunggu jawaban dari Ketua Satgas penanggulangan Covid-19 ini," ujarnya, pada acara penyerahan bantuan tersebut digelar di lobi Gedung Nusantara III DPR/MPR, tepat di depan Media Center, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (23/3/2020).

Mengenai, pengadaan alat rapid test Covid-19 untuk para anggota DPR RI dan DPD RI beserta keluarganya sendiri, Bamsoet mengatakan, dirinya telah berkirim surat kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengenai rencana tersebut.

"Insya Allah nanti, saya sudah menulis surat ke BNPB untuk meminta Ketua Satgas melakukan rapid test baik pada anggota dewan dan keluarganya plus seluruh karyawan dan keluarganya di kompleks parlemen termasuk DPR dan DPD," ungkapnya.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar tersebut mengungkapkan, dirinya juga telah meminta kepada BNPB agar seluruh wartawan dapat juga dilakukan tes kesehatan, agar penularan Covid-19 tidak meluas.

"Wartawan saya minta juga BNPB untuk melakukan tes, agar cepat diketahui dan dilakukan tindakan lanjutan. Untuk mengeliminir tidak meluasnya dan menularkan Covid-19 ke yang lain," jelasnya.

Bamsoet juga meminta, kepada para anggota DPR RI dan DPD RI untuk menyisihkan gaji atau dana reses untuk kegiatan sosial memerangi wabah Covid-19.

"Ya saya meminta dan menghimbau kawan-kawan di DPR dan DPD selaku anggota MPR untuk menyisihkan gajinya atau dana resesnya untuk kegiatan sosial menghadapi perang terhadap Covid-19. Jadi MPR mendorong solidaritas kawan-kawan untuk fight melawan Covid-19," imbuhnya.

Pelemahan Rupiah

Terkait pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS karena wabah Covid-19, Bamsoet menyarankan, agar bangsa ini tidak boleh pesismistis menghadapi masalah ini, karena negara-negara lain pun mengalami hal yang sama.

"Ya menurut saya Indonesia tidak sendiri. Hampir semua negara mengalami hal yang sama. Kita tidak boleh pesimis, kita harus optimis melewati masa-masa kritis ini dengan baik," tegas Ketua DPR RI periode 2015-2019 tersebut.

Menurutnya, bukan sekali ini saja Indonesia mengalami pelemahan rupiah, Bamsoet pun optimistis Indonesia dapat melewati badai masalah ini.

"Kita bukan sekali ini saja mengalami pelemahan rupiah, kita berhasil mengatasinya," terangnya.

Bamsoet pun menghimbau kepada pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat dan mendorong langkah taktis guna penanggulangan wabah Covid-19 ini.

"Pemerintah harus melakukan menjaga daya beli masyarakat melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan sudah diumumkan itu kan. Saya sarankan pemerintah mengambil langkah taktis dan kita mendorong DPR juga menyetujui usulan pemerintah untuk menggunakan Rp62 triliun utk penanggulangan ini. Menurut saya, berapa pun akan kita keluarkan agar kita bisa keluar dari krisis ini," pungkasnya.

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top