SEKJEN MOI: PEKERJA PERS TURUT SENANG, MA BATALKAN KENAIKAN BPJS KESEHATAN
0 Komentar 2381 pembaca

SEKJEN MOI: PEKERJA PERS TURUT SENANG, MA BATALKAN KENAIKAN BPJS KESEHATAN

Nasional

Jakarta, MajalahPerwira —- Para pekerja di industri pers merasa senang atas dibatalkannya kenaikan BPJS Kesehatan oleh Mahkamah Agung (MA) per 1 Januari 2020. Maka secara otomatis Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019 Pasal 34 tentang kenaikan iuran BPJS secara otomatis gugur.

“Pekerja di industri pers, khususnya media online merasa senang dan gembira atas Keputusan MA. Karena tidak semua pekerja pers di media online memiliki kemampuan yang baik dengan kenaikan BPJS Kesehatan 100 persen," tegas Sekretaris Jenderal Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI), HM. Jusuf Rizal menanggapi pertanyaan media terkait keputusan MA di Jakarta.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2019, pemerintahan Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 Pasal 34 telah mengambil kebijakan untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan 100 persen. Berbagai upaya Para Pekerja dan Buruh menolak kenaikan itu, khususnya di Kelas III tidak membuahkan hasil. Hasil hearing dengar pendapat dengan DPR RI pun tak digubris pemerintah.

Meski banyak ditentang hingga demo, pemerintah tetap buta dan tuli. Hasilnya Pemerintah tetap menaikkan Iuran BPJS Kesehatan terhitung, 1 Januari 2020. Iuran BPJS Kelas I yang semula Rp.80 ribu naik menjadi Rp.160 ribu. Kelas II, iuran yang semula Rp. 51 ribu naik menjadi Rp. 110 ribu dan Kelas III yang semula Rp.25 ribu naik menjadi Rp. 42 ribu.

Kini dengan hasil Keputusan MA berdasarkan hak-hak rakyat sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 28, maka Iuran BPJS sejak 1 Januari 2020 tetap dengan iuran lama. Kelas I (Rp.80 ribu), Kelas II (Rp.51 ribu) dan Kelas III (Rp.25 ribu)

“Melalui Keputusan MA tersebut, para pekerja pers tentu merasa berbahagia dan berterima kasih kepada MA. Keberpihakan MA kepada aspirasi rakyat, konstitusi UUD 1945 Pasal 28 serta kondisi ekonomi masyarakat yang berat saat ini membanggakan,” tegas pria yang juga aktivis Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu.

Lebih lanjut menurut pria berdarah Madura-Batak itu, dengan kembalinya tarif iuran BPJS Kesehatan diharapkan pekerja di industri pers memiliki kepatuhan membayar iuran, agar pemerintah dengan biaya murah tetap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.

Jusuf Rizal yang ikut menjadi Relawan Jokowi-KH.Maruf Amin pada Pilpres 2019 itu juga menghimbau seluruh Anggota MOI wajib mengikuti BPJS Kesehatan mengingat pekerja pers itu memiliki resiko tinggi. Setiap saat bisa saja sakit dan untuk itu jika menjadi anggota BPJS Kesehatan bisa tercover.

Menurut catatan Redaksi Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) baru dibentuk September 2018 dengan anggota lebih dari 500 perusahaan media online di seluruh Indonesia. Ketua Umum, Rudi Sembiring Meliala, Ketua Harian, Siruayan Utamawan, Sekretaris Jenderal, HM. Jusuf Rizal, Wasekjen, Irham Maulidy dan Bendahara Umum, Candra Manggih. MP-TIM

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top