KKN TEMATIK MAHASISWA UBHARA, EDUKASI MASYARAKAT JABON Tanggap Lingkungan
0 Komentar 2821 pembaca

KKN TEMATIK MAHASISWA UBHARA, EDUKASI MASYARAKAT JABON Tanggap Lingkungan

Kampus

Sidoarjo, MajalahPerwira -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya di Dusun Tlocor Desa Kedung Pandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, diikuti oleh 14 Mahasiswa terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisni, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Hukum.

Kelompok yang terdaftar sebagai Kelompok 036 ini menamakan diri mereka dengan sebutan tim “KKN YUK” dipimpin oleh Priyono mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Fakultas Hukum, Ibu Juli Nurani, SH., MH.

Menurut Juli Nurani, Bimbingan yang dilakukan mulai dari persiapan, admiministratif, survei lapangan dan juga penajaman program kerja yang mencakup bidang fisik dan non-fisik.

Juli Nurani menambahkan, bahwa Untuk Program di bidang Non-Fisik sendiri lebih berfokus pada edukasi, pelatihan dibidang pemanfaatan komoditas daerah, dan juga penerapan 3R baik ke masyarakat ataupun generasi muda di sekolah. Sedangkan Untuk Program dibidang fisik mencakup promosi dan publikasi Wisata Bahari Tlocor melalui media cetak dan digital, serta pembuatan spot foto yang diharapkan bisa menjadi ikon baru dari Wisata Bahari Tlocor, Ujarnya.

Dalam Eduaksi yang dilakukan oleh kelompok 036 meliputi Edukasi Sanitasi dan juga pengenalan Skema Pembuangan Sampah yang benar mulai dari pemilahan, pembuangan, dan juga pengolahan sampah itu sendiri. Mengingat belum adanya sistem pembuangan sampah yang benar dan terintegrasi di dusun Tlocor tersebut.

Program Edukasi dilakukan dengan cara yang "FUN" dan diselingi dengan konsep “PANDAI” dari sinilah masyarakat diajak menyanyikan sebuah lagu tentang sampah agar materi yang disampaikan mudah diingat. Kegiatan ini dipimpin oleh Ratna Ningsih dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sebagai Dosen Pendamping, Juli Nurani menyampaikan “Saya rasa kegitan ini sangat bagus dan saya mendukung seratus persen karena dengan kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya sangat peduli terhadap lingkungan sehingga ingin mngajak dan menumbuhkan rasa mencintai lingkungan dengan hidup bersih dan sehat kepada masyarakat Dusun Tlocor” Tandas Juli.

“Dengan adanya edukasi ini diharapkan masyarakat Dusun Tlocor lebih dapat tanggap dengan lingkungannya, dengan lingkungan yang bersih dari sampah pasti mereka dapat hidup lebih nyaman dan tentunya lebih sehat. Mengingat lagi Tlocor adalah salah satu Wisata Bahari yang sedang berkembang dengan pesat” pungkas Dosen yang juga aktivis sosial ini.

Kelompok KKN 036 ini juga melakukan Pelatihan Tahu Udang dengan pengemasan frozen yang dikhususkan pada sekelompok warga RT 16 Dusun Tlocor. Pelatihan dilakukan di rumah warga bernama Ibu Marela yang diikuti oleh lebih dari 10 ibu rumah tangga. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah masyarakat mampu untuk lebih mengangkat potensi daerahnya dimana komoditas Dusun Tlocor ini adalah udang dari tambak warga yang terdapat didesanya.

Kegiatan yang dipimpin oleh Angelita Marghareta dari Fakultas ilmu Sosial dan Politik ini diharapkan bisa menjadi alternative usaha bagi ibu-ibu rumah tangga demi mengangkat perekonomian masyarakat.

Sedangkan kegitan penerapan 3R dengan pelatihan pembuatan Souvenir dipimpin oleh Dicky Akbar Arianton dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan pemateri adalah Yashinta Malinda dari Fakultas ilmu Sosial dan Politik.

Pelatihan pembuatan suvenir dilakukan dengan memanfaatkan bahan disekitar yang ada seperti dari kaleng bekas SKM yang disulap menjadi tempat pensil dan juga pot bunga mini untuk ditaruh di atas meja.

Priyono selaku koordinator kelompok KKN 036 menyampaikan “Point dari kegiatan ini disamping dapat menjadi alternatif usaha, juga sekaligus dapat mengurangi produksi sampah. Sekali mendayung dua pulau terlampaui” ujarnya.

Program pembuatan Spot Foto sebagai ikon baru Wisata Bahari Tlocor dipimpin oleh Dewi Ratna Sari dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan memanfaatkan perahu yang sudah tidak layak melaut dan disulap menjadi spot foto yang apik dengan takeline “Sail to Tlocor”.

Dengan bantuan M Hamzah A dari Fakultas Hukum sebagai coordinator lapangan dan semangat semua anggota, diharapkan rangakaian kegiatan KKN yang dimulai sejak 25 Januari – 23 Februari 2020 ini dapat berdampak positif dan memiliki manfaat lebih baik untuk masyarakat Dusun Tlocor terutama wisatawan yang berkunjung ke Wisata Bahari Dusun Tlocor, Sidoarjo. MP-JN

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top