SANUSI RAHANINGMAS: STATUS POLDA PAPUA BARAT HARUS DITINGKATKAN MENJADI TIPE A
0 Komentar 1755 pembaca

SANUSI RAHANINGMAS: STATUS POLDA PAPUA BARAT HARUS DITINGKATKAN MENJADI TIPE A

Keamanan

Jakarta, MajalahPerwira - Anggota DPD RI asal Papua Barat M. Sanusi Rahaningmas menyarankan, agar Polda di Papua Barat ditingkatkan statusnya menjadi tipe A dari yang selama ini hanya tipe B.

Hal tersebut disampaikan Sanusi kepada para awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (22/1/2020).

Sanusi menyatakan, akhir-akhir ini di Papua Barat banyak sekali konflik yang tidak dapat ditangani dengan baik oleh pihak kepolisian.

"Hari-hari ini banyak masalah yang silih berganti terjadi di Papua Barat, baik itu masalah-masalah konflik, baik itu konflik ideologi maupun konflik - konflik lain yang terjadi dan tingkat kejahatan yang cukup merajalela di Papua Barat khususnya di Ibukota Manokwari dan kota Sorong sendiri banyak kejadian-kejadian yang sampai saat ini tidak dapat diatasi oleh pihak kepolisian," katanya.

Hal tersebut, menurut Sanusi dikarenakan status Polda Papua Barat yang masih tipe B, sehingga membuat kinerja dan kewenangan Polda Papua Barat menjadi kurang optimal.

"Kami berpikir untuk meningkatkan kinerja tugas dan kewenangan Polda Papua Barat maka Kapolri sudah harus mempertimbangkan untuk menaikan status dari tipe B ke tipe A," jelasnya

Sanusi berpendapat, dengan ditingkatkannya status Polda Papua Barat menjadi Tipe A, maka Polda Papua Barat juga akan diberikan kemudahan dalam berkoordinasi dengan TNI AD (Kodam) dan TNI AL (Lanal).

"Dengan dinaikkan menjadi tipe A, maka Polda Papua Barat dapat diberikan kemudahan untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak lain dengan teman- mereka yang lain khususnya TNI AD dan TNI AL," terangnya.

Dirinya mengaku, akan menyampaikan hal ini kepada Kapolri sehingga koordinasi dengan pihak-pihak terkait tidak ada kesenjangan.

"Selama ini Kapoldanya bintang 1, sedangkan Pangdam dan Lanalnya bintang 2. Jadi Polda seharusnya dipimpin juga oleh bintang 2," ungkapnya.

Selain itu, Sanusi menerangkan, dari sisi kesiapan infrastruktur, dan lain-lain, Polda Papua Barat dinilai sudah sangat layak menjadi Polda dengan status tipe A.

Yang kita tahu di sana untuk menduduki jabatan di Polda itu baru bintang 1 sedangkan Pangdam dan Lanal itu sudah bintang 2 yang seharusnya Polda ini sudah layak untuk dinaikkan statusnya menjadi tipe A, juga lantaran di sekitar perairan Papua Barat terdapat pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan negara-negara lain.

"Alasannya dari sisi kesiapan infrastruktur, dan lain sebagainya sudah layak, kemudian kita tahu bahwa Papua Barat merupakan propinsi yang terdapat banyak kepulauan dan kepulauan yang berbatasan dengan negara-negara terluar itu ada sehingga perlu ada teritorial yang perlu dijaga oleh kepolisian, ditempatkan pos penjagaan kalau perlu," imbuhnya.

Sebagai wakil dari Propinsi Papua Barat, Sanusi mengingatkan, pemerintah harus jeli melihat kondisi yang terjadi saat ini dan jangan sampai masalah datang baru berpikir.

"Saya sebagai representasi dari masyarakat Propinsi Papua Barat yang terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota, menginginkan agar pemerintah lebih jeli untuk melihat kondisi yang terjadi di Papua Barat selama ini. Jangan sampai nanti tiba waktu baru tiba akal," ingatnya

Dirinya juga menjelaskan, tingkat kriminalitas yang tinggi di Papua Barat dapat membuat negara-negara lain mendukung kemerdekaan Papua Barat.

"Jangan sampai tingkat kriminalitas yang tinggi ini mendorong negara-negara yang selama ini tidak mendukung kemerdekaan Papua, menjadi berbalik mendukung," pungkasnya. MP-RON

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top