SERIKAT PEKERJA FSPTSI POLISIKAN RIZALDI MAVI CS CATUT LOGO FSPTSI
0 Komentar 1479 pembaca

SERIKAT PEKERJA FSPTSI POLISIKAN RIZALDI MAVI CS CATUT LOGO FSPTSI

Hukum & Kriminal

Medan, MajalahPerwira — Federasi Serikat Pekerja Transports Seluruh Indonesia (FSPTSI) Sumatera Utara dan Cabang Medan polisikan Rizaldi Mavi Cs (Karmen Siregar, Surya Kalvin dan Nursal Tanjung) atas penggunaan merek logo FSPTSI secara tidak sah yang merugikan organisasi FSPTSI Cabang Medan dan Deliserdang. Mereka menggunakan logo seolah-olah Serikat Pekerja FSPTSI, padahal mereka ormas perkumpulan menyerupai FSPTSI.

Dalam laporan kepada Kepolisian Resor Kota Besar Medan yang dibuat Pengurus Cabang FSPTSI Kota Medan Nomor LP/111/I/2020/SPK Restabes Medan, 13 Januari 2020 disebutkan telah melanggar Hak Cipta, Merek dan Paten sesuai UU Nomor 20 Tahun 2016.Pelanggaran UU Hak Cipta, Merek dan Paten dapat dikenakan hukuman penjara dan denda.

Sebagaimana Pasal 100 UU Nomor 20 Tahun 2016 disebutkan “Setiap Orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).”

Adapun pelapor dari FSPTSI diwakili Sekretaris PC FSPTSI Kota Medan, Dedy Roby Irawan dengan Saksi-Saksi Agus Suharyo dan Boy Nurhasyim. Sesuai dengan Tanda Bukti Lapor Nomor : STTLP/111/I/YAN.2.5/2020/SPK RESTA MEDAN pihak terlapor adalah Rizaldi Mavi Cs (Karmen Siregar, Surya Kalvin, Nursal Tanjung dll). Pelaporan tersebut diterima Polisi setelah memperoleh Surat Mandat dari Ketua Umum, HM. Jusuf Rizal untuk melakukan proses hukum atas penggunaan logo FSPTSI secara ilegal.

Dihubungi secara terpisah mengomentari masalah pelaporan tersebut, Sekjen FSPTSI, Mustakim Ishak menyebutkan langkah pelaporan penggunaan logo FSPTSI secara ilegal dalam rangka menegakkan hukum. Sebab penggunaan logo yang telah dilindungi UU merupakan pelanggaran hukum. Jadi jika ada pihak-pihak yang melanggar harus diproses hukum.

Sedang Dedy Roby Irawan, Sekretaris PC FSPTSI Kota Medan dan Boy Nurhasyim, Ketua PC FSPTSI Deliserdang kepada media menyatakan akan mengawal kasus ini agar hukum ditegakkan. Disebutkan dengan penggunaan logo FSPTSI secara ilegal pihaknya selaku Serikat Pekerja yang membidangi transportasi anggota KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) di Sumut menjadi terganggu dan dirugikan. Mereka itu bukan Serikat Pekerja, tapi ormas perkumpulan yang menyerupai FSPTSI dan bukan anggota KSPSI. MP-RED

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top