SUFMI DASCO NILAI KEBIJAKAN PEMERINTAH RI TERKAIT NATUNA SUDAH TEPAT
0 Komentar 1238 pembaca

SUFMI DASCO NILAI KEBIJAKAN PEMERINTAH RI TERKAIT NATUNA SUDAH TEPAT

Hukum & Kriminal

Jakarta, MajalahPerwira - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai, apa yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sudah sangat tepat.

Hal tersebut disampaikan Sufmi kepada para wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (7/1/2020).

Menurut Sufmi, pengerahan armada TNI AL ke perairan Natuna telah memperlihatkan kita juga keras dalam penegakan kedaulatan.

"Saya kira sudah pas, menurut saya. Dan harus dilakukan komunikasi dan diplomasi yang intens, pertama untuk menyamakan persepsi soal garis batas sehingga hal tersebut bisa diselesaikan dengan baik," katanya.

Sufmi menghimbau, para pengamat harus memberikan komentar dan pandangan yang memperkuat semangat kebangsaan.

"Kepada pada para teman-teman, terutama pengamat, menurut saya harus melihat posisi dengan pas. Jangan kemudian memberikan komentar atau pendapat yang justru memperlemah semangat kebangsaan kita dalam rangka menegakan kedaulatan di wilayah kita sendiri," imbuhnya.

Sufmi berpendapat, Pemerintah RI sebaiknya mengedepankan langkah diplomasi dalam penyelesaian sengketa ini.

"Ya kan negosiasi melalui jalur diplomasi harus dilaksanakan. Karena kita tidak mungkin kan mengajak langsung perang," ujarnya.

Pernyataan Menhan

Terkait pernyataan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang dianggap tidak tegas bahkan dikatakan PKS lembek, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra tersebut mengatakan, apa yang dilakukan Menhan telah dilaksanakan dengan semestinya.

"Apakah mesti ucapan di media menunjukan kinerja? Kan tidak juga. Kinerja seorang Menhan sudah dilakukan dengan pas menurut saya. Dan bahwa kemudian pelaksanaan di lapangan kemudian oleh TNI juga sudah dilakukan. Kan percuma kita bicara keras-keras, gebrak meja tapi tidak ada action," tandasnya.

Sufmi menambahkan, perlunya pembicaraan antara RI dan Tiongkok mengenai pembahasan garis batas antar negara.

"Kita sudah lakukan diplomasi, kita sudah lakukan, tapi memang seperti tadi saya katakan, bahwa harus ada persamaan tentang garis batas, itu yang membuat kita lebih intensif berdiplomasi," pungkasnya. MP-RON

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top