TUNTASKAN KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SUMATRA UTARA
0 Komentar 1389 pembaca
Bangkai babi

TUNTASKAN KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SUMATRA UTARA

Opini

Jakarta, MajalahPerwira - Dalam minggu ini masyarakat dibeberapa wilayah di Sumatera Utara heboh. Pasalnya sudah ratusan bangkai hewan ternak ditemukan hanyut di beberapa sungai diantaranya sungai Bederah, danau Siombak bahkan hingga kelaut di pesisir Kabupaten Serdang Bedagai. Apalagi sungai tersebut banyak digunakan oleh masyarakat untuk mandi, cuci, kakus (MCK) bahkan ada yang menggunakannya untuk memasak.

Aparat hukum terkait harus serius menanganinya, selain penyebab kematian hewan ternak babi juga harus diselidiki pelaku yang diduga sengaja membuang bangkai binatang tersebut. Pembuangan bangkai binatang ke sungai juga merupakan tindakan pelanggaran terhadap pencemaran lingkungan dan harus di tuntaskan dengan Penegakan Hukum

Yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

Setiap orang dilarang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin.Terhadap orang yang melakukan dumping limbah tanpa izin dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 104 UU 32/2009, yakni:

Setiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 60, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).

Pada Kasus kasus hukum Lingkungan Hidup ,PPNS Kementrian atau Dinas yang bertanggung jawab di di berikan kewenangan yang cukup luas oleh UU .

Melalui Pasal 94 ayat (6) UUPPLH yang menyatakan: ”hasil penyidikan yang telah dilakukan oleh penyidik pegawai negeri sipil disampaikan kepada penuntut umum.” Dengan demikian, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) lingkungan hidup dapat dan berwenang untuk menyerahkan berkas hasil penyidikan secara langsung kepada penuntut umum tanpa melalui Polri lagi.

Noor Fajar Asa

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top