SEBANYAK 23 JANDA DI DESA AENG TABAR TERIMA BANTUAN DARI PROGRAM JALIN MATRA
0 Komentar 1209 pembaca

SEBANYAK 23 JANDA DI DESA AENG TABAR TERIMA BANTUAN DARI PROGRAM JALIN MATRA

Daerah

Bangkalan, MajalahPerwira - Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) merupakan program yang digagas oleh pemerintah provinsi Jawa Timur, yang secara khusus diperuntukan untuk penanggulangan feminisasi kemiskinan di Jawa Timur.

Program Jalin Matra terdiri dari 3 kegiatan, yakni: Bantuan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) sasaran Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP), Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM) sasaran rumah tangga miskin, dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2).

Namun yang terealisasi di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2019 hanya 2 kegiatan yaitu Jalin Matra PFK dan BRTSM. Jumlah penerima bantuan pengentasan kemiskinan itu sebanyak 812 KRTP yang tersebar di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Kamal, Tanah Merah, Burneh, dan Tanjung bumi.

Kamis (07/11/19), Pemprov Jatim melalui Tim Pendamping Kabupaten dan Desa melakukan realisasi bantuan di Desa Aeng Tabar, kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Sebanyak 23 KRTP di Desa setempat memperoleh bantuan yang bersumber dari Provinsi Jawa timur tersebut.

Kepala Desa Aeng Tabar, Jayus Salam,S.IP, jelaskan program Jalin Matra tersebut bersumber dari Pemprov Jawa timur, dan bantuan tersebut di khususkan untuk janda (KRTP),

"Ini bantuan untuk janda, jadi tidak semuanya dapat," ungkapnya

Lanjut Jayus, sapaan akrabnya, dihadapan KRTP dia meminta agar menjaga barang yang diberikan Pemprov. Dia meminta agar penerima bantuan untuk bisa mengembangkan barang yang diberikan.

"Barangnya jangan di jual, tapi dikembangkan biar tujuan pemerintah Jawa Timur tercapai untuk menurunkan angka kemiskinan di Jawa Timur," ungkapnya

Hal serupa disampaikan Mukaryoso, kasi Pemberdayaan Masyarakat kecamatanTanjung Bumi, sampaikan terimakasih kepada pihak yang turut mensukseskan program Jalin Matra ini, dan dia berharap bantuan seperti Jalin Matra bisa terus berjalan.

"Bantuan Jalin Matra merupakan bantuan yang langsung melibatkan masyarakat, Karna masyarakatlah yang memilih ingin mendapat bantuan apa saja, disesuaikan dengan permintaan ibu-ibu disini," ungkapnya

Sementara, Mohammad Yusuf, Pendamping Kabupaten program Jalin Matra PFK mengatakan, bantuan yang telah diserahkan sesuai regulasi.

“Bansos ini bersifat jangka panjang, jadi kami berharap bantuan ini jangan sampai dijual, harus dipelihara, baru kalau sudah berternak, anaknya itu bisa dijual,” katanya.

Lanjut Yusup sapaan akrabnya, setelah kemarin Kabupaten Banhkalan keluar dari data Kabupaten tertinggal, melalui program Jalin Matra ini dia harap Bangkalan bisa menjadi Kabupaten yang Mandiri.

Reporter : Mahrus

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top