TIDAK DIAWAKI PERSONEL YANG PROFESIONAL, ALAT UTAMA KEAMANAN LAUT TIDAK BERMANFAAT
0 Komentar 1100 pembaca

TIDAK DIAWAKI PERSONEL YANG PROFESIONAL, ALAT UTAMA KEAMANAN LAUT TIDAK BERMANFAAT

Keamanan

Sukabumi, MajalahPerwira  --- Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. secara resmi membuka Diklat Kesamaptaan Personel Bakamla RI Gelombang I. Terhitung 115 personel mengikuti diklat ini yang terbagi menjadi dua gelombang, di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/10/2019).

Upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Soetadi Ronodipuro, Setukpa Lemdiklat Polri. Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Bakamla Sumarto yang sehari-harinya menjabat sebagai Kabag Kepegawaian Bakamla RI.

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) yang memiliki tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan laut, profesionalisme pengawak organisasi merupakan salah satu prioritas utama dari sasaran pembinaan di bidang Sumber Daya Manusia.

"Hal ini tidak berarti menempatkan faktor material alat utama keamanan laut sebagai prioritas kedua atau terakhir, karena bagaimanapun seluruh alat utama keamanan laut yang modern dan canggih akan teronggok dan tidak memberi manfaat apapun bila tidak diawaki oleh personel yang profesional", ungkap Laksdya Taufiq dalam sambutan pembukaannya.

Hal ini juga mendukung Bakamla RI yang mengemban fungsi Coast Guard dalam menjalankan tugas sebagai penjaga keselamatan laut (maritime safety), penjaga keamanan laut (maritime security), dan komponen cadangan pertahanan (defence).

Diklat Kesamaptaan personel Bakamla RI ini menggunakan metode pembelajaran modern yang memanfaatkan alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan efektif. Selain itu, pelatihan ini tidak sarat dengan teori semata melainkan langsung diterapkan pada elemen mendasar kehidupan sehari-hari. Para peserta tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia tetapi juga fisik dan mental.             

Diklat Kesamaptan ini juga dimaksudkan untuk melatih kerja sama, disiplin yang tinggi, ketahanan fisik dan mental yang prima, serta jiwa korsa dalam sebuah kelompok. Tujuannya agar dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling memiliki satu sama lain, sehingga timbul keakraban dan soliditas yang dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel Bakamla RI/IDNCG dalam mengemban tugas sehari-hari.             

Materi yang diberikan mencakup tugas dan fungsi Bakamla RI/IDNCG, pengenalan senjata, bongkar pasang senjata, menembak, pendakian gunung, halang rintang, latihan baris berbaris, lintas medan, dan pembangunan karakter.

Laksdya Taufiq turut menyampaikan apresiasinya kepada Polri selaku mitra Bakamla RI/IDNCG. Selama ini, Polri telah banyak memberikan dukungannya, tidak hanya dalam hal pelaksanaan pelatihan ini namun juga kegiatan operasi Bakamla RI/IDNCG.

 "Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolri, yang dalam hal ini kepada Kepala Sekolah Pembentukan Perwira Lemdik Polri Sukabumi, Brigjen Polisi Drs. Agus Suryanto beserta seluruh jajarannya, saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini, sehingga kegiatan Diklat Kesamaptaan personel Bakamla RI dapat terlaksana di tempat ini sesuai yang diharapkan", ucap Laksdya Taufiq menutup sambutannya.

Jajaran pejabat Bakamla RI/IDNCG turut hadir dalam kegaitan ini, antara lain Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla T.S.N.B Hutabarat, MMS; Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H.; Deputi Kebijakan dan Strategi Laksda Bakamla Drs. Hariadi, S.H.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Bastomy Sanap, S.H., M.B.A., M.Hum.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Vetty V. Salakay, S.H., M.Si.; Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E.; dan para pejabat dan undangan Setukpa Polri. MP-RED

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top