PC RMI NU BOGOR ADAKAN JAMBORE SANTRI NUSANTARA KE 2 DI PONPES CINTA RASUL
0 Komentar 1237 pembaca

PC RMI NU BOGOR ADAKAN JAMBORE SANTRI NUSANTARA KE 2 DI PONPES CINTA RASUL

Sosial & Budaya

Bogor, MajalahPerwira - Mengusung tema “Santri Indonesia unguk Perdamaian Dunia” , PC Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) kali kedua mengadakan Jambore Santri Nusantara di Pondok Pesantren Cinta Rasul, Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbunglang, Kabupaten Bogor selama 4 hari.

Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Bogor, KH Abdul Basit Mahfuf (Gus Babas)  menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya JSN 2019 ini adalah sebagai ajang silaturahim dan kompetisi antar santri Pondok Pesantren bilkhusus bidang akademik, olahraga, seni dan rekreasi.

“Juga untuk peningkatan kemampuan santri di bidang literasi demi melawan hoax, berita radikal dan intoleran. . Diakhir kegiatan semua akan turut memeriahkan Hari Santri 2019, saat puncak upacara HSN, tentunya dengan sarungan,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (20/10/2019).

Jambore Santri Nusantara Ke-2 dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2019 ini, terangnya, Panitia Penyelenggara mengadakan serangkaian kegiatan yang bernuansa kompetisi. Selain kompetisi akademik, juga ada kompetisi seni dan olahraga.

“Kami menyelenggarakan 10 lomba, di bidang akademik ada lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Hifdzhil Qur’an, Musabaqoh Qiro’atul Kutub, Pidato DwiBahasa dan Lomba Cerdas Cermat Ke-NU-an. Selain itu di bidang seni ada Puitisasi Al-Qur’an dan Qosidah Ala Santri. Serta yang harus ada yakni Futsal Sarungan ala Santri, Tarik Tambang dan Panjat Tancap Bendera NU.”  terang Kyai Basit.

Selain itu, lanjutnya, Panitia bersama dengan Gramedia untuk mengadakan Ngaji Literasi dalam bentuk Seminar Menulis oleh Gus Ach. Dhofir Zuhry (Penulis Buku Peradaban Sarung) asal Malang. Juga untuk mengakrabkan peserta, pada malam terakhir akan diadakan acara Makan Nasi Liwet dan Api Unggun.

Tak kurang dari 20 pesantren di Kabupaten Bogor dan Sekitarnya mengirimkan kontingennya dengan jumlah peserta 9 orang dan pendamping 1 orang.

Peserta Jambore Santri Nusantara Ke-2 akan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari Upacara Pembukaan hingga Upacara Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2019.

“Untuk acara puncaknya akan diselenggarakan Upacara Hari Santri dengan sarungan dan ditutup dengan pembagian hadiah bagi juara dan beasiswa pendidikan untuk Juara Umum,” pungkasnya. MP-AZA

 

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top