Samsat Jakarta Utara Memberikan Pelayan Prima Bagi Masyarakat
0 Komentar 976 pembaca

Samsat Jakarta Utara Memberikan Pelayan Prima Bagi Masyarakat

Daerah

Jakarta - (majalahperwira.com) Saat ini masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor diberi kemudahan dan kenyamanan ditambah dengan fasilitas ruang tunggu yang nyaman dan pelayanan prima dengan keramahannya. Wujud ini diberikan oleh Samsat Jakarta Utara, guna memberikan pelayanan prima bagi wajib pajak yang hendak melakukan kewajibannya di Samsat Utara.

Pembenahan terus ditingkatkan baik eksternal maupun internal seperti melakukan pembenahan terhadap anggotanya dalam melayani wajib pajak (wp), yakni setiap petugas pelayanan Samsat diwajibkan selalu melakukan 3S (senyum, salam, sapa) kepada asyarakat (wp).

Hal itu sangatlah penting agar tercipta kesejukan dan bersahabat dalam melayani. Samsat Jakarta Utara tergoling sebagai samsat yang sukses dan memberikan perhatian lebih kepada wajib pajak salah satu contoh pelayanan STNK online, pengoperasian STNK keliling, pelayanan pintu ke pintu (dor to dor) hingga meluncurkan mobil keliling merupakan upaya inovasi yang sinergi untuk tujuan pelayanan yang professional dan akuntabilitas.

Sedangkan pembenah eksternal antara lain calo yang setiap hari berkeliaran kini tak lagi tampak. Wajib pajak yang akan mengurus dokumen kendaraannya dikedua samsat tersebut terlihat lebih santai menunggu penyelesaian proses dokumen di loket loket yang telah disediakan.

"Pelayanannya sudah semakin cepat tidak perlu waktu lama lagi, disamping itu kita dimanjakan dengan ruang tunggu yang sejuk tidak perlu antri dam berdiri panjang saat menunggu," ujar Arief (29) salah seorang wajib pajak saat ditemui di ruang tunggu samsat Jakarta Utara, baru-baru ini.

Hal yang sama juga diungkapkan Tedi (40) warga Pademangan, merasa nyaman dengan pelayanan dan suasana samsat tanpa perlu susah mencari loket untuk menyerahkan dokumen

"Beda dengan dulu yang harus bertanya kepada petugas untuk menaruh dokumen, sekaramg sudah mudah karena loket yang ada kini sudah lebih jelas tidak perlu bingung tanya sana sini," ungkap Tedi.

Begitu pula dengan Anton, berharap agar masyarakat khususnya di Jakarta Utara, mau mengurus sendiri setiap kalu melakukan perpanjangan pajak kendaraan bermotor hingga melakukan mutasi kendaraan sendiri, tanpa harus menggunakan jasa orang lain.

"Sekarang mengurus pajak dan mutasi dapat dengan mudah melakukan sendiri tanpa perlu bantuan orang lain, kalau bingung kan sudah ada petugas front office yang siap membantu dan mengarah kita," jelas Anton.

Selama berada di Samsat Jakarta Utara, tim liranews.com dan majalahperwira.com, tidak lagi menemukan antrian panjang seperti saat sebelum adanya pelayan prima yang diberikan Samsat Jakarta Utara. Dengan fasilitas yang cukup baik ditambah dengan pendingin ruangan yang memadai serta bangku besi yang menambah kenyamanan bagi wajib pajak, semakin betah untuk berlama-lama menanti panggilan dari petugas samsat.

Menurut Kanit Samsat Jakarta Utara, AKP Agung Setiawan, pihaknya akan terus berbenah dalam memberikan pelayan prima bagi wajib pajak, dan akan terus dipertahankan. Selain pelayanan prima Samsat Jakarta Utara akan terus memberikan innovasi baru untuk mengembangkan pelayanan bagi para wajib pajak.

"Ini merupakan tugas kami dalam memberikan pelayanan prima bagi wajib pajak, kami juga akan terus memberikan innovasi baru dalam peningkatan mutu dan kualitas samsat, sehingga perlu adanya masukan dari masyarakat luas, supaya bisa bersama-sama memajukan pelayan yang lebih baik kedepan," kata Agung Setiawan, melalui pesan sosial media, Sabtu (24/11/2018).

Sistem Admihnistrasi Manunggal Satu Atap (disingkat Samsat), atau dalam bahasa Inggris One Roof System, adalah suatu sistem adraministrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung.

Contohnya dalam hal pengurusan dokumen kendaraan bermotor. Samsat merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendanraanan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ), dan dilaksanakan pada satu kantor yang dinamakan “Kantor Bersama Samsat”. Dalam hal inilah, Polri memiliki fungsi penerbitan STNK; Dinas Pendapatan Provinsi menetapkan besarnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB); sedangkan PT Jasa Raharja mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). (ron)

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top