KEMENKUMHAM APRESIASI KEBERADAAN SATGAS PERADILAN RI
0 Komentar 144 pembaca
Direktur Yankomad Johno Supriyanto

KEMENKUMHAM APRESIASI KEBERADAAN SATGAS PERADILAN RI

Hukum & Kriminal

Jakarta, MajalahPerwira.com -- Hadirnya Satuan Tugas Peradilan Rakyat Indonesia (Satgas Peradilan RI) yang di bentuk oleh Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) Kemenkumham menjadi angin segar bagi rakyat Indonesia, agar hakim tidak sewenang-wenang dalam memutuskan perkara dilembaga peradilan.

Pembentukan Satgas Peradilan sekaligus audiensi dengan DPP dan DPD itu berlangsung di Direktorat Jenderal Kemenkumham Jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan, kemaren.

Audiansi itu menghadirkan pembicara, Dewan Penasehat Satgas Peradilan Sam dan Herman Umar serta Direktur Yankomas Johno Supriyanto.

Hadir pula, Kasubdit Yankomas untuk Wilayah IV Zuliansyah dan untuk Wilayah II Hariati, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seoerti DPD Batam, DPD Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Jawa Barat, DPD Banten, DPD Sulut dan beberapa daerah lainnya.

"Kami mengapresiasi terbentuknya Satgas Peradilan ini. Kita bisa bekerja sama sesuai moto "Bersama Kami Bisa", "ujar Johno pada wartawan usai audiansi dengan Satgas Peradilan RI.

Menurutnya, kehadiran Satgas Peradilan RI tersebut, sangat membantu Yankomas dalam menangani banyak perkara di Indonesia. Ditambah lagi sumber daya manusia (SDM) dari Kemenkumham sangat terbatas.

Diakui, adanya Satgas Peradilan RI, maka ratusan juta kasus yang dia tangani kedepannya diharapkan, penyelesaian kasus hukum bisa lebih baik lagi. Kasus yang selama ini mengendap, bisa terselesaikan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat.

Yang jelas, untuk tiga bulan kedepan Yankomas meloloskan dulu aturan-aturan yang ada. Setelah selesai, maka berlanjut dengan deklarasi dan bersiap untuk menangani kasus-kasus perkara diberbagai daerah."Saya akan berkunjung kedaerah-daerah sekaligus berkoordinasi dengan lembaga-lembaga didaerah untuk menangani kasus, "katanya.

Sekali lagi, dia tegaskan dan disampaikan kepada masyarakat, nanti ada Satgas Peradilan RI untuk membatu kinerja dari Yankomas. Yankomas tetap berupaya menyelesaikan perkara yang dihadapi masyarakat dengan tidak mengeluh, apapun kasus yang ditangani.

Yankomas tetap mengedenpankan melalui mediasi dan solusi karena menurutnya, upaya mediasi itu adalah jalan yang terbaik.

Tapi, intinya, Tupoksi yang dijalankan Yankomas tidak mengintervensi putusan hakim. Tapi, Tupoksi Satgas Peradilan RI ketika didalam pengadilan itu terjadi pelanggaran HAM.

Agar kasus hukum bisa diselesaikan dengan baik, diharapkan, kasus tersebut belum masuk kepengadilan. Karena pihak Yankomas akan melakukan melalui pendekatan dengan cara mediasi dan solusi.

"Insya Allah bisa. "Equality before the law", semua orang sama di depan hukum, "pungkas Johno.

Sementara itu, Perwakilan Satgas Batam, James Sumihar Sibarani menyampaikan, terbentuknya Satgas Peradilan tersebut sangat membantu untuk memantau pemyelesaian kasus-kasus besar diwilayah batam.

Dia membela kasus hukum apalagi dengan perusahaan siwilayah Batam dia hadapi dengan berani karena dia dan rekan-rekannya dalam membela kebenaran bersifat independen.

"Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih. Jauh-jauh dari Batam karena ini merupakan berkah buat kami. Satgas ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, "ujar James singkat.. MP-AZA.

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top