RONALDO, PILIH JOKOWI ATAU PRABOWO
0 Komentar 37 pembaca

RONALDO, PILIH JOKOWI ATAU PRABOWO

Opini

Depok, MajalahPerwira.com -- Yang loyal memang fans sepakbola, kalo pemain jarang banget loyal sama klub. Entahlah kalau di politik, loyal mana pemain atau pemilih?. Contoh Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon pindah ke Manchester United, lalu ke Real Madrid, kemudian ke Juventus. Iniesta juga gitu, ternyata Barcelona bukan klub terakhirnya.

Adakah Madrisitas jadi Juventini karena kepindahan Ronaldo, atau Barcelonistas jadi fans Vissel Kobe?. Tidak sebaper itu fans sepakbola. Fans fanatik jika ditanya pilih Ronaldo atau Real Madrid pasti pilih Real Madrid. Pilih Messi atau Barcelona ya pilih Barcelona. Pilih A atau Timnas Indonesia, ya pasti Timnaslah. Fans fanatik bisa pensiun jadi fans jika fanatik dengan pemain, sebab rata-rata pemain bola gantung sepatu sebelum 35 tahun.

Jika mempertahankan seorang pemain justru membuat klub bangkrut secara keuangan, pilih Pemain atau Klub, fans fanatik ya pilih Klub dong.

Di politik baiknya juga begitu, fanatik itu pada Indonesia bukan pada Prabowo-Sandi atau Jokowi-Maruf. Orang bisa tega memproduksi, menyebar fitnah, hoax karena fanatik sama Jokowi atau Prabowo. Padahal hoax dan fitnah merubuhkan bangunan persaudaraan, bisa bikin perang saudara, merusak Pancasila bahkan memecah NKRI.

Fanatik sama NKRI atau nasionalis tidak bisa hanya diukur dari tagar #NKRIHargaMati atau #SayaPancasila. Tapi juga dilihat dari konten yang kita produksi dan sebar di internet serta perbuatan kita sejak kecil hingga kita mati.

Soal fanatik sama orang, Bung Hatta pernah mengingatkan jangan menggantungkan urusan organisasi (negara) pada orang per orang, karena usia organisasi panjang sementara usia orang terbatas.

Hariqo Wibawa Satria, Pengamat Politik dan Media Sosial Komunikonten

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top