Aplikasi e-Musrenbang Mudahkan Masyarakat Bandung Ikut Berpartisipasi
0 Komentar 2136 pembaca
Peluncuran aplikasi e-Musrenbang

Aplikasi e-Musrenbang Mudahkan Masyarakat Bandung Ikut Berpartisipasi

Sain & Teknologi

Bandung, MajalahPerwira.com. Walikota Bandung Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi e-Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kamis (3/2/2017).

Peluncuran aplikasi tersebut untuk menguatkan konsep smart city yang bertujuan semakin memudahkan masyarakat Bandung ikut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan daerah.

“e-Musrenbang merupakan aplikasi hibah dari Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto dalam keteranganya, ditulis Jumat (3/2/2017).

Aplikasi tersebut, kata dia, memudahkan para ketua RW memasukkan data aspirasi dari masyarakat. Nantinya para ketua RW akan terlibat aktif dalam menyampaikan usulan kebutuhan kegitan yang bakal dilaksanakan di wilayah masing-masing.

Para ketua RW ini akan mendapat pendampingan dari relawan serta aparat pemkot sampai pengajuan usulan tuntas.

“Kita semua tentu berharap bahwa aplikasi ini akan dapat menjadi media komunikasi dan diskusi interaktif dalam mengajukan usulan,” kata Yossi.

Yossi menjelaskan, dengan e-Musrenbang  masyarakat melalui operator RW diberikan akses untuk memasukkan usulan ke dalam aplikasi. Nantinya ada aparat kelurahan yang bertugas melakukan verifikasi dan pihak kecamatan melakukan validasi  secara berjenjang.

“Sehingga,  usulan kegiatan masyarakat akan sesuai dengan perangkat daerah yang menangani. Masyarakat juga dapat melakukan penelusuran (tracking) terhadap usulan kegiatan yang terintegrasi dengan sistem penganggaran (e-budgeting). Aplikasi e-Musrenbang ini juga secara otomatis akan terhubung ke “Bandung Command Center”, sehingga pimpinan daerah dapat memantau langsung progres perkembangan musrenbang,” paparnya. MP-NRQ

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top