Kekerasan di Kampus Masuk Ranah Tindak Pidana
0 Komentar 1239 pembaca

Kekerasan di Kampus Masuk Ranah Tindak Pidana

Kampus

Jakarta, MajalahPerwira.com. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menegaskan, bahwa kasus kekerasan yang terjadi di lingkup perguruan tinggi teap masuk ranah tindak pidana.

"Meski ada surat (pernyataan) tidak akan menuntut, kalau didalamnya memang terjadi kekerasan urusannya sudah pidana. Kami serahkan kepada polisi," ujar Nasir dalam keterangannya, Sabtu (28/1/2017).

Hal itu dikatakan Nasir terkait kasus kekerasan dalam kegiatan pendidikan dasar mahasiswa pecinta alam Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang menewarkan tiga peserta. Namun, dia menegaskan tidak akan mengintervensinya.

“Sudah kami serahkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti. Jangan sampai ada lagi kekerasan di dalam kampus," katanya.

Untuk itu, ia mengingatkan jajaran rektorat di perguruan tinggi negeri dan swasta agar menghindari aksi kekerasan di lingkungan kampus.

"Peraturan menterinya juga sudah ada. Saya wajibkan semua rektor PTN dan PTS bahwa masalah kekerasan dalam kampus harus dihindari. Jangan sampai ada kekerasan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ajang Diksar Mapala UII yang digelar di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah pada 13-20 Januari lalu telah memakan korban. Tiga mahasiswa yang meninggal adalah Muhammad Fadhli (20), Syait Asyam (20), dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20).

Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro UII angkatan 2015, asal Batam tewas dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar, Jumat (20/1/2017). Asyam mahasiswa Teknik Industri angkatan 2015 asal Yogyakarta tewas di RS Bethesda, Yogyakarta pada esoknya.

Sedangkan korban terakhir adalah Ilham, mahasiswa Hukum Internasional angkatan 2015 yang tewas di RS Bethesda, Senin (23/1/2017). Sementara, sepuluh orang lainnya masih di rumah sakit. MP-JMP

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top