Terapi Smart ABA Perbaiki Otak Penyandang Autisme
1 Komentar 474 pembaca

Terapi Smart ABA Perbaiki Otak Penyandang Autisme

Kesehatan

Jakarta, MajalahPerwira.com. Autisme adalah gangguan perkembangan nerobiologis yang berat yang terjadi pada anak sehingga menimbulkan masalah dalam berkomunikasi dan berelasi (berhubungan) dengan lingkungannya, dimulai dalam 3 tahun pertama kehidupannya terus berlanjut selama hidupnya bila tidak diintervensi.

“Dari definisi tersebut, jelaslah bahwa penyandang autisme yang harus diperbaiki adalah otaknya, sedikit sekali manfaatnya kalau melatih ototnya (hanya sedikit sekali yang perlu dilatih ototnya),” ujar dr Rudy Sutadi, Sabtu (14/1/2017).

Maka, lanjutnya, kalau terapinya diserahkan kepada lulusan-lulusan yang mengurusi otot maka ga nyambung jadinya. Seperti yang saat ini kita lihat semua anak autistik dilatih meronce, dilatih naik turun tangga, dilatih masuk terowongan, dilatih bicara dengan memijit mijit mulut anak, menggosok gosok mulut anak dengan aneka sikat, bahkan umumnya anak autistik menjadi trauma.

“Untuk ABK yang lain, misalnya Down Syndrome, tunarungu, retardasi mental, CP mungkin cara diatas efektif, tapi tidak untuk Autisme,” katanya.

Penanganan Autisne adalah dengan smart ABA, terapisnya direkrut dari lulusan S1 semua jurusan yang dilatih intensive khusus hanya menangani anak autistik (tidak ABK yang lain), dan smart BIT dimana beberapa dokter di Indonesia sudah menjalani berbagai rangkaian pelatihan tentang smart BIT.

“Jadi untuk Autisme, lakukan hanya 2 , yaitu smart ABA dan smart BIT. Jangan buang-buang umur dan waktu anak autistik kita, kejar ketinggalan pada otaknya sedini mungkin dengan smart ABA dan smart BIT,” saran Rudy.

Lebih lanjut ia menerangkan, umumnya anak autistik yang datang ke KIDABA, lalu ditangani dengan smart ABA dan smart BIT, orangtuanya mengungkapkan penyesalan mereka pada terapi-terapi sebelum menjalankan smart ABA dan smart BIT.

Umumnya sudah melewatkan masa emas perkembangan otak anak. Umumnya mengeluh tidak jelasnya apa yang dilakukan pada anak autistik mereka.

“Saya selalu berpesan bahwa Allah memilihkan untuk masing-masing kita jalan-jalan kebaikan, untuk dapat menjadi yang dipilih oleh Allah meniti jalan kebaikan, tidak bisa tidak mendekatlah kepada Allah,” ucapnya.

Dr Rudy lalu mengutip yang dIsampaikan AA Gym," Percaya lah orang yang selalu bersama Allah tidak akan pernah kehilangan apa apa,tapi orang yang kehilangan Allah maka ia akan kehilangan segala nya". Dalam sekali maknanya dalam rangka ketaatan kita kepada Rabb yang menciptakan kita. MP-NRQ

Author

Adm
Profil Adm

Alamat Redaksi Majalah Perwira
Graha Perwira, Gedung Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet - Jakarta Selatan
No. Telpon: 021-83792566/67
Email : redaksi@majalahperwira.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Cara Mengobati Difteri Secara Tradisional 07 September 2017 - 15:49:45 WIB

    Solusi Pengobatan berbagai macam penyakit dengan sangat baik dan mudah.Semoga bermamfaat..
    http://tokogamatwalatra.com/

1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top